Minggu, 15 Juni 2008

Tips Merawat Printer


Berikut ini cara termudah dalam memelihara dan merawat printer, sehingga kualitas printer yang Anda inginkan dapat terpenuhi.

Untuk memudahkan Anda dalam memelihara dan merawat printer agar terjaga dengan baik, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Nyalakan printer Anda setidaknya 3 hari sekali.
2. Jika hasil cetak menurun, lakukan "Cleaning" (maksimal 2 kali).
3. Disarankan tidak mengganti / mencabut cartridge jika tinta belum habis
4. Usahakan agar tinta menyentuh CHIP CISS yang terdapat pada cartridge.
5. Pastikan printer bebas dari debu terutama pada tempat penarik kertas
6. Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan area penarik kertas
7. Bersihkan bagian luar printer dengan menggunakan kain basah
8. Lakukan update driver demi meningkatkan kinerja printer.

Namun jika Anda sudah melakukan langkah di atas, ternyata hasil printer masih bergaris, berarti Anda perlu memeriksa kondisi print head.


Bagaimana cara memeriksa kondisi print head?

Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik tombol "Start" dan pilih "Setting" dan pilih "Control Panel".
2. Pilih folder "Printer" dan pilih folder/icon "printer Epson" Anda, klik kanan mouse Anda, kemudian pilih "Properties".
3. Pilih "Utility", di dalamnya terdapat 5 tombol fungsi, yakni :


- EPSON Status Monitor 3: berfungsi untuk memeriksa masih berapa banyak tinta yang berada di dalam cartridge.
- Nozzle Check: berfungsi untuk memeriksa kondisi print head.
- Head Cleaning: Bila hasil cetakan bergaris maka tungsi inilah yang digunakan (jangan melebihi 2 kali), bila garis tersebut tetap muncul, maka biarkan printer tersebut dalam keadaan menyala selama 10 menit.
- Head Alignment: Bila huruf hasil print tidak rapi (huruf miring-miring), maka fitur ini akan memeriksanya.
- Ink Cartridge Replacement: Fungsi fitur ini membantu user dalam mengganti catridge dengan sistem software. Langkah-langkahnya dijelaskan dengan gambar pada buku user manual, sehingga lebih memudahkan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah dalam memelihara dan merawat printer Anda seperti di atas, semua fungsi printer akan berjalan dengan baik dan kondisi printer Anda tetap awet.

#Perbedaan Umum

* Tinta dye larut seluruhnya dalam air seperti halnya gula.
* Pigment tidak larut sepenuhnya. Lebih seperti campuran tepung dan air.
* Oleh karena itu, tinta dye mengalir lebih baik dan termasuk standar printer inkjet. Akan tetapi tinta tersebut akan larut dan luntur kalau kertas terkena air.
* Partikel-partikel tinta pigment cenderung meresap ke dalam serat-serat halus yang membentuk kertas. Saat tinta mengering, partikel-partikel tersebut sangkut di dalam serat. Sehingga tinta pigment lebih tahan air daripada tinta dye. Hanya sekitar 5 s/d 10 persen tinta yang luntur jika kertas terkena air.

# Tahan Pudar

* Molekul-molekul tinta dye tersebar. Kalau dibandingkan, tinta dye di atas kertas mirip seperti pasir yang menutupi pantai. Karena itu, tinta dya cenderung pudar lebih cepat, karena semua molekulnya terekspos langsung terhadap radiasi bahan kimia dan sinar matahari. Anda akan perhatikan tinta dye yang terkena sinar matahari langsung pudar dalam 6 sampai 12 minggu, walaupun kalau dilindungi dari udara dan sinar matahari, akan bertahan selama beberapa tahun. Namun, tinta dye baru yang dikembangkan oleh HP, Fuji, dan Epson telah ditingkatkan ketahanannya hingga hampir sama dengan kemampuan tinta pigment.
* Tinta pigment biasanya bertahan hingga beberapa bulan sebelum pudarnya kelihatan, atau kalau tidak terkena udara dan sinar matahari, hingga beberapa tahun.

# Kualitas Cetak

  • Tinta dye lebih "berwarna" daripada tinta pigment. Karena itu, warna-warna tinta dye cenderung lebih cemerlang. Dan tinta pigment hitam lebih pudar daripada hitamnya tinta dye.


* Tinta dye hitam lebih bagus untuk mencetak tulisan, sedangkan tinta pigment hitam dirancang untuk lebih menyatu dalam aplikasi grafik.


* Penggunaan fotografi seluruhnya tergantung pada desain printer. Contoh, printer HP memakai tinta pigment hitam untuk cetak tulisan, tapi cartridge khusus foto mereka punya tinta dye tipe photo black. Printer 6 warna Epson sering menggunakan tinta dye, sedangkan printer 4 warna mereka menggunakan tinta pigment.

# Harga

* Anda takkan mendapat apa-apa tanpa pengorbanan. Bahan tinta pigment lebih mahal daripada tinta dye, jadi tentu saja harganya lebih mahal. Silakan cek daftar harga kami untuk lebih lanjutnya.

Tidak ada komentar: